RSS

Taipei Grand Mosque : Jejak Islam di Taiwan

15 Apr

taipei grand mosque

Meskipun banyak kuil tersebar di Taiwan, bukan berarti agama lain tidak berkembang di Taiwan. Pemerintah Taiwan sangatlah terbuka terhadap apapun keyakinan yang dianut warganya. Islam adalah salah satu contohnya.

Walaupun merupakan agama minoritas, tidak lantas ditelantarkan oleh negara. Sebagai buktinya adalah ditetapkannya Taipei Grand Mosque sebagai salah satu cagar budaya yang harus dijaga kelestariannya.

Populasi umat Islam di Taiwan tergolong sangat kecil, hanya 0,3% saja dari total penduduk Taiwan. Namun jumlah yang sedikit tersebut semakin berkembang.

Pada tahun 2010, diperkirakan ada 140.000 penduduk Taiwan yang terdaftar sebagai muslim. Angka tersebut diperkirakan bertambah sekitar 100 orang tiap tahunnya.

Sebagai agama yang diakui, muslim di Taiwan mempunyai tempat untuk beribadah. Taipei Grand Mosque, sebuah masjid yang tegak berdiri di tengah kota, merupakan tempat berkumpulnya masyarakat muslim Taiwan.

Masjid ini digagas oleh ketua asosiasi muslim di Taiwan di atas tanah yang didonasikan oleh pemerintah Taiwan. Pembangunannya selesai pada tahun 1960 dan merupakan masjid terbesar dari keenam masjid yang ada di Taiwan.

taipei grand mosque prasasti

Taipei Grand Mosque dibangun berdasarkan arsitektur Arab dan nilai-nilai Islam. Areanya menempati lahan seluas 2747 meter persegi. Ruangan-ruangannya terbagi dalam beberapa bagian yang meliputi auala resepsi, aula sholat, kantor, perpustakaan dan ruang bersuci.

Aula shalatnya mempunyai lebar dan tinggi sekitar 15 meter. Di bagian sisi masjid terdapat dua menara yang ketinggiannya mencapai 20 meter.

Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam, namun juga merupakan sarana pembelajaran bagi orang-orang yang ingin tahu lebih dalam tentang budaya Islam.

Pihak pengelola masjid bahkan menyediakan tur bagi siapapun yang berminat. Jadwalnya terbagi menjadi dua. Hari Senin dan Selasa khusus bagi pengunjung dari institusi pendidikan.

Sedangkan untuk pengunjung umum, tur gratis tersedia setiap Jumat dan akhir pecan. Jika Anda ingin mengikuti tur, Anda diharuskan membuat reservasi terlebih dahulu. Untuk itu, silahkan hubungi sekretariat masjid di nomor 02-2321-9455.

Taipei Grand Mosque berada di Xinsheng South Road, Da-an district, Taipei. Untuk menuju kesana, Anda bisa menggunakan MRT menuju Guting Station. Dari sana, Anda bisa berjalan menuju masjid kira-kira sepuluh menit. (panduanwisata)

 
Leave a comment

Posted by on April 15, 2014 in Country, Fakta, Mosque

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: