RSS

Mesquita Centro Islamico, Masjid Terbesar di Brasil

25 Jun

masjid islamic center brasil 2

Masjid Islamic Center Brasil atau Mesquita do Centro Islâmico do Brasil atau Masjid Al-Markaz Al-Islami Lil Brasil adalah Masjid terbesar di negara Brasil yang dibangun sebagai Islamic Center Nasional di Brazilia City, pusat pemerintahan federal negara tersebut. Dari sisi ukuran masjid ini merupakan masjid terbesar di Brasil, dan salah satu yang terbesar di Amerika Latin, wajar karena memang lokasinya yang berada di kawasan pusat pemerintahan federal.

Berdiri di areal seluas 2800 m², masjid ini mampu menampung ribuan jamaah sekaligus. Arsitekturalnya merefleksikan tradisi dan budaya Islam Arabia, dibangun dengan kubah besar di atap bangunan utamanya dan sebatang menara setinggi 37 meter terpisah dari bangunan utama. Kehadiran bangunan masjid di pusat pemerintahan negara Katholik terbesar di dunia ini memang cukup menarik perhatian.

masjid islamic center brasil 1

Brasil merupakan satu dari beberapa negara di dunia yang memindahkan ibukota negara mereka. Sebelumnya Brasil beribukota di kota pantai Rio De Janairo kemudian dipindahkan ke kota baru Brazilia City Distric Federal.

Brazilia City selaku ibukota negara Brasil ini memang unik, dibangun di atas wilayah yang sebelumnya memang tak berpenghuni khusus untuk kota pusat pemerintahan federal Brasil. Bila di lihat dari udara penataan ruang kota ini mirip sebuah pesawat terbang, dengan istana presiden-nya tepat berada di kokpit. Tapal batas wilayah kota-nya sendiri nyaris berbentuk empat persegi panjang sempurna.

Masjid ini menerima kunjungan wisatawan setiap hari kecuali hari Jum’at ditutup untuk kunjungan non muslim untuk penyelenggaraan shalat Jum’at. Tak ada data resmi berapa jumlah muslim yang tinggal di Brazilia City, meskipun menurut sensus tahun 2000 oleh the Brazilian Institute of Geography and Statistics (IBGE) muslim di sana ada 27.239, namun bila merujuk kepada The Islamic Brazilian Federation jumlah muslim di Brazil mencapai 1.5 juta jiwa.

Mesquita do Centro Islamico - Brasília

Memang sangat sedikit informasi di internet tentang masjid di pusat pemerintahan Brasil ini. Kapan dibangun, siapa yang mendanai, para pengelola dan sebagainya.

Beruntung  ada satu prasasti pembangunan  yang mengatakan bahwa masjid ini dibangun oleh pemerintah Kerajaan Saudi Arabia di tahun 1990, dan lebih banyak digunakan selama jam kerja dengan jamaah dari kantor kantor kedutaan negara negara sahabat. Mengingat tidak adanya permukiman di kawasan pusat pemerintahan tersebut, permukiman terdekat dengan lokasi terpisah sejauh 30 Km.

Di seberang bangunan masjid megah ini terdapat lahan milik Islamic Center Brazil yang cukup luas dengan sebuah bangunan masjid terbengkalai tak terurus. Bangunan masjid yang dilengkapi dengan courtyard ditengahnya, berkubah tunggal dan jauh lebih besar dari masjid yang kini berdiri.

Namun, lagi lagi tidak ada informasi apapun tentang bangunan tersebut, meski satu blog di internet menyajikan foto foto tentang bangunan ini secara lengkap. bahkan videonya juga sudah tayang di youtube seperti yang sudah saya cantumkan di atas. (bujangmasjid)

 

Referensi :

lugaresesquecidos.com.br – centro-islamico-do-brasil-brasilia

radioislambr.com – mesquitas do brasil

qualquadra.com.br – Mesquita do Centro Islâmico do Brasil

panoramio.com – Mesquita Centro Islâmico do Brasil, Brasília

brasil.gov.br – mesquita-do-centro-islamico-do-brasil

http://www.jurnalhajiumroh.com/

 

 
Leave a comment

Posted by on June 25, 2014 in Country, Fakta, Mosque

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: